#AdheToraTV Setiap Kamis & Minggu

Tipe Orang Cari Teman Pas Kuliah. Lo yang Mana?

Gue tipe yang selalu ngamatin tipikal teman-teman di sekitar gue. Jujur sih... kadang suka ketawa sendiri liat karakter setiap orang yang milih teman mainnya pas kuliah. Ada yang pilih kaya X, ada yang mau kaya Z. Banyak macemnya...

Misal nih, yang gue temuin kayak gini....
1. Dia tipikal orang yang susah banget gaul, ga tau karena dia yang emang nggak supel, atau dia emang nyebelin dan banyak yang ga mau temenan atau sekedar satu kelompok sama  dia pas tugas kuliah. Nah, ada yang kayak gini nggak?
2. Ada yang kanan kiri akrab, semua kenal, tapi dia itu emang anaknya ga pernah cari teman yang terus-terusan gitu itu-itu aja. Dia gampang cari kelompok kerja, gampang cocok sama siapa aja, tapi kadang suka nemu momen dia ga ada temen, menyendiri gitu. Jadi, dia banyak teman, cuma nggak ada sahabat gitu ya?

BACA JUGA: SALAH JURUSAN

3. Ada yang emang kemana-mana ga bisa kayaknya kalo ga sama yang ini itu aja, alias gang gitu. Sebel sih liat kayak gini, kayaknya ga mau dipisah kalo ada apa-apa, atau tugas kuliah gitu...! Padahal dari se-geng itu juga ya isinya gitu-gitu doang, ga ada yang menonjol, jadi lebih baik? Nggak! Stuck.. network cuma itu-itu aja, kaku kalo sama yang lain. Etdah! Umur anak kuliahan masih aja begitu.
4. Ini yang independen tapi mampu segalanya gitu, dia kayak ga butuh siapa pun, anaknya cenderung pinter. Nah, biasanya yang kayak gini korban dari gang di nomor 3. Bener nggak? Kepakea join juga karena emang tuntutan tugas kuliah. Kasihan yak?
5. Ini apalagi ya yang belum gue bacain... coba cek teman-teman lu, ada tipe apalagi dan gue lupa. Tulis di komentar ya, supaya lengkap 5 gitu... tipe teman di kampus. Hahaha



Btw, gue selalu nulis blog-blog gue di sela waktu kosong, kaya di bus, di bus atau di bus. Hahahahha di bus semua! Iya lah, waktu kosong gue cuma pas di bus jam pulang kerja, daripada macet, cengok, gu nulis. Maaf ya kalo moodnya nggak bagus, karena emang jam balik kerja pas kena macet gitu. sediiih....

Salah Jurusan

Masuk di kampus gue ini melalui jalur Mandiri (yang diadakan oleh kampus itu sendiri) terkadang cuma dapet respon “oh, mandiri” gitu. Tapi, gue ga peduli, yang penting gue masuk di kampus yang gue pengen dari SD ini hahaha. Serius deh dari SD gue udah bilang mau kuliah di kampus gue yang sekarang ini. Kenapa? Nanti gue ceritain ya. Nyicil aja dulu....



Nah, gue udah masuk fase dimana ngerasa namanya ‘Salah Jurusan’, duh gue udah kepikiran gimana gue PKL? gimana gue nanti Skripsi? Bahas Elektro? Buset! Gue aja masang lampu kamar mandi gemeter. 

Tapi, seiring berjalannya waktu banyak yang ngeyakinin gue buat lanjut aja, elektro ga beda jauh kok sama komputer (dengan males gue nyebut prodi gue yang panjang). Tapi semester pertama ini udah mulai horor dengan mata kuliah yang setiap gue mulai udah berasa merindingnya, dengan doktrin diri sendiri “gue gapaham, haduh, gimana dong? Tolongin gue ini, gue ga paham.” Terus setiap hari, mulai dari pertemuan pertama, UTS, liat hasil uts yang mulai bikin gue down.

BACA JUGA : Awal Menentukan Kuliah


OMG! Ini yang namanya salah jurusan ya? Gue berharap ini bisa lebih baik setelah gue mulai kenal sama beberapa orang di kelas. Kenal dalam artian akrab gitu lah, dan bisa tanya kalau ga paham, kalau ga paham juga gue terpaksa kadang nyontek, dengan penuh rasa takut yang emang gue bukan tipe orang suka nyontek. Gue ngerasa disitu yakin banget buat nyontek, karena sampai sejauh ini gue ga paham dengan materi-materi yang ada.

Tuhaaaaan... gue berasa mau berhenti kuliah menjelang mau UAS. Dengan sederet matakuliah embel-embel ‘listrik’ yang bikin gue lemes kaya abis kesetrum aja. Tapi masih aja sok kuat meyakinkan diri gue mampu. Ya mau gimana lagi? Masa gue bolos? Kan udah bayaran kuliah mahal :(



Kepikiran lah perjuangan mamah, galau, tiap abis pulang ujian, jalan kaki dari kampus ke kostan. Buset... drama banget deh di jalan gue kaya menyesali hidup gitu. Lo juga gitu nggak sih? Gue kayak buat telepon mamah pun butuh banget tenaga, ngaku dosa ujian nilai jeblok, padahal udah setengah mati ngerjain sambil ada bisikan niat buat nyontek, yang pada akhirnya nyontek gue selalu SETENGAH dan ga kelar juga. Tetep dosa nggak ya? Hikss...

Gue berlanjut galau sampai akhir semester 1. Mulai bertekad gimana caranya gue PINDAH PRODI dari yang Elektro ke Komputer. Ampuuun... udah nyerah! Ga kuat rasanyaaa.. tapi kudu jalanin sampe akhir semester 2 dong buat bisa tau gue GAGAL alias SALAH JURUSAN di elektro ini. Kebayang gue harus ngerasain galau yang sama, melakukan hal bodoh yang sama selama 2 semeter alias 1 tahun? Kuat kuat kuat... gitu aja gue bilang sok nguatin diri sendiri. Mau gimana lagi? Yang jalanin gue, securhatnya gue sama siapa pun toh gue yang jalanin. Ya ga?



Nemu deh titik terang namanya buat nyelesein 2 semester penuh gejolak hasrar. Gue dapat info buat pindah prodi dengan cara ini itu anu ene... ya ujian lagi. Buahahahha nggak deng, dulu gue langsung konsultasi sama kepala jurusan dan kepala prodi. Hasilnya? Apakah galau gue akan segera selesai? Atau malah makin makin aja gue gila?

Masih mau baca nggak? Coba komentar ya buat lo yang masih mau baca cerita gue hihihi....

Awal Menentukan Kuliah

Nentuin kampus buat nerusin setelah lulus SMA ya? Gue kalo diceritain bikin ngakak sih! Banyak banget drama, mulai dari galau ambil beasiswa kampus swsasta, atau coba negeri.

Dari situ gue putusin buat lepasin beasiswa yang swasta itu. Kenapa? Mungkin alasannya gue bakal ceritain suatu saat nanti. Hehe


Oh iya. Gue salah satu orang yang gagal dalam banyak jalur masuk kampus, serius! Karena ya gue ga pinter-pinter amat juga sih. IPK gue aja sampe pas lulus dari kampus yang sekarang cuma 3.18 hahaha... Kecil kan? Tapi, ya berusaha aja lah buat lebih baik setelah lulus dari kampus.

Nah, gue mulai ya! Nggak usah gue kenalin diri deh, karena gue tau kalian udah mau buka blog gue aja tandanya kalian udah tau siapa gue (sok bet yoloooh)

Gue masuk kampus dulu 2011, walaupun mungkin kalian yang kenal gue selalu taunya gue anak 2012 ya. Hehehhe eits!! Tunggu dulu... gue nggak boong kok, makanya baca sampe selesai ya biar tau dramanya.

Baca juga: Aktifitas Mengajar Di Kelas


Gue ditolak masuk UNJ mulai dari SNMPTN UNDANGAN karena jurusan SMK gue saat itu belum akreditasi, sedih banget ga sih? Belum apa-apa udah ditolak karena ga memenuhi syarat.

Selanjutnya drama ditolak juga untuk SNMPTN tertulis, yang dulu gue langsung ambil tes panlok Jakarta, padahal di kota asal gue pun bisa. Hahaha Ya itu lah gue.... sat set sut seut! Pengumuman lah, GAGAL lagi... udah sampe di pukpuk sama semua orang, dan ditawarin buat UMB (Dulu ada beginian, Ujian Masuk Bersama ada beberapa kampus gitu) tapi gue menolak, dan ... pengen langsung kerja. Tapi mikir lagi, gue yakin ga mau kuliah tahun ini? Dan berubah pikiran mau coba di ujian MANDIRI yang kampusnya adain. Ya... kalau nggak diterima juga mau gimana lagi ya?

Ujianlah saat itu di kampusnya langsung, bujut sama aja rame kaya SNMPTN hahaha... ujian lah gue dengan sedikit degdegan, iyalah belajar kagak tapi ngarep keterima. Sat seut sot sut sit! Pengumuman lah... oh iya, gue di sini ngambil 2 program studi, Pendidikan Komputer dan Teknik Elektro (sengaja gue ga tulis lengkap, klean jan pada protes kalo gue nulisnya ga lengkap nama prodinya ya)


Taraaaa! Kali ini gue keterima, tapi di pilihan kedua yaitu teknik elektro yang beneran gue ga niat sama sekali masuk situ... sedih? Galau? Udah tau sekarang namanya SALAH JURUSAN? belum sih... wong belum juga kuliah. Hahahha

Sampe nanya sana sini, kuliah elektro kaya gimana sih? Gue orang yang kaya gini bisa nggak? Hahaha krisis percaya diri....


Selanjutnya....

Gue terusin ceritanya jangan nih?

Coba kalian komentar ya kalau mau gue lanjutin

NASIB PELAYANAN KESEHATAN DI INDONESIA


[FAKTA] CERITA MIRIS PELAYANAN KESEHATAN DI INDONESIA

Jumat, 24 JUNI 2016.

hari itu gue berangkat shalat jumat jam 11.50wib dari rumah, dan saat itu gue mengendarai motor ke masjid di kota. Singkat cerita diperjalanan gue mendengar bunyi klakson mobil dan didepan jalan berlubang, gue berusaha menghindar lubang dan "BRUK" kesenggolah motor gue dan gue jatoh motor terseret hingga bahu jalan. Sialnya seorang bapak menggendong anak yang dari penampilannya seorang pengemis terkena motor yg terseret, gue terjatuh dan luka dibadan bagian kiri. Gue liat motor terus menyala dan gue langsung berdiri sekuat tenaga untuk mematikan motor, lalu langsung menolong bapak yang terkena seretan motor, sedangkan mobilnya melaju terus. Gue panik, dengan tangan gemetar dan kaki tangan berdarah melihat bapak itu terluka. saat itu tidak ada yang menolong kami, Hanya segerombol ibu-ibu yang melihat kami tersungkur, inisiatif saya sekuat tenaga membawa diri dan korban lain untuk pertolongan segera. Dijalan bingung mau kemana, Rumah Sakit lah yang terlintas dipikiran gue saat itu. Singkat cerita, gue sampai di IGD RS saat itu. kami semua lemas, bapak dan anaknya turun, semua teriak, tapi ANEHNYA petugas RS di IGD ga ada 1 pun yang menghampiri, sampe saya jalan sempoyongan masuk ke ruangan teriak "ada pasien!" tapi apa? cuma diem aja semua, mungkin melihat pakaian si pengemis yang tidak meyakinkan, dan gue pun inisiatif gendong bapaknya yang berdarah-darah, gue dengan kaki kiri sakit berat berusaha gendong sendiri bapaknya. Dengan santai petugas di dalam cuma bilang : "yaudah dudukin aja disitu" (nunjuk ke kasur pojokan di IGD) gue masih sabar disitu, ibu2 pun diluar teriak "itu dok bapaknya bedarah, anaknya juga nih kepalanya. si aa jg duduk a itu tangan sama kaki nya a. aa minum dulu" gue saat itu masih menjaga puasa gue, masih berlanjut. harus teriak dulu untuk dilayani, sedangkan mereka duduk duduk di belakang meja. Gue bertanya, ini IGD atau Cafe? lalu, gue menggendong bapaknya duduk dan tiduran di kasur rumah sakit, si ibu yang ga gue kenal siapa , dia bilang : "aa, duduk dulu, ada telepon? telepon orang rumah a, aa kuat? mau minum?" gue duduk dan nunggu ditangani, tapi hampir 20 menit gada penanganan dan gue malah ditanya sama petugas : "aa, aa pasien atau apa?" gue sebel masih ditanya saat seperti itu, gue langsung ke luar ruangan dan ibu2 bilang gue ke tukang urut saja. disitu gue naik motor langsung ke rumah buat bersih-bersih dan diurut. singkat cerita, malam nya gue dihubungi via bbm berisi tuntutan untuk bertanggung jawab atas semua biaya pengobatan si bapak pengemis dan anaknya. karena gue yang bawa dia ke RS dan gue kesal dengan beberapa point :

1. Gue dengan rasa manusiawi melihat korban lain ya gue bawa pertolongan pertama.

2. Gue dengan emosi ketika ke UGD dengan keadaan kami seperti tidak beruang alias pakaian pengemis ga menjadi prioritas karena harus melayani gendong sendiri, padahal gue disitu keadaan luka sama bapaknya.

3. Acuhnya petugas, sama sekali tidak merawat sampe gue memutuskan keluar ke ahli pijat atas saran ibu-ibu disana.

4. Soal Duit, mereka sigap, langsung nyari kontak gue, karena gue lumayan bangak kenalan, memudahkan mereka mendapatkan kontak gue.

5. Gue ditekan via bbm oleh admin RS, diharuskan BERTANGGUNG JAWAB atas pengobatan yang mereka berikan DAN gue menjadi kambing hitam dengan banyak speculation yang mereka buat sebagai perspective gue salah dan gue harus bertanggung jawab penuh.

6. Salah 1 karyawan menjelekan gue dan bawa-bawa organisasi gue di socmed

7. Mereka sampe datang ke rumah dan menagih uang yang seharusnya bukan tanggung jawab gue, karena gue adalah KORBAN BERSAMA BAPAKNYA.


APAKAH TINDAKAN GUE SELANJUTNYA JIKA ADA KECELAKAAN ADALAH TIDAK MENOLONGNYA??? KARENA KALO NOLONG TANDANYA RUMAH SAKIT MINTA BIAYA FULL SAMA YANG NOLONGIN. JADI? HARUS MATI KAH MEREKA? ORANG MISKIN DILARANG SAKIT?

GUE SANGAT SANGAT SANGAT KECEWA PELAYANAN RUMAH SAKIT ITU, KELUARGA GUE PUN DIPAKSA BAYAR SENILAI RP.600.000, KARENA KALAU TIDAK MEMBAYAR GUE AKAN DI BAWA KE POLISI.


LUCU BUKAN NEGERI INI????

JADI, APA INI KEADILAN? GUE KIRA HANYA DONGENG ADA ORANG MISKIN MATI KARENA GA DITOLONGIN DI RUMAH SAKIT. TERNYATA FAKTA!


BUTUH INFO? SILAKAN HUBUNGI SAYA DI INSTAGRAM @adhe.tora.

Kenapa Gunung Tambora itu spesial? #PesonaTambora

Buat gue setelah googling, tercengang karena Gunung Tambora ini. Menurut gue ini spesial, karena banyak hal.



1. Tambora masuk 10 Letusan Gunung Paling Mengerikan di Dunia. Data Volcanic Explosivity Index (VEI), indeks letusan gunung yang mirip skala Richter untuk mengukur kekuatan gempa -- ada pada skala 1-8. Letusan Gunung Tambora pada 1815 ada pada skala 7. Itu artinya sangat merusak. Ledakan Tambora membuat kawasan Sumbawa dan sekitarnya berada dalam kegelapan. Puluhan ribu orang tewas akibat dampak letusan, tsunami, menyusul kemudian, kelaparan dan penyakit.
Kekuatan letusan Tambora adalah yang terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah. Panas yang menyembur melubangi atmosfer dan mengubah iklim dunia. Tak ada musim panas pada 1816 di Eropa dan Amerika Utara -- 'the year without summer'. Tambora turun ke dalam tanah beberapa ribu kaki, meninggalkan kawah besar di puncaknya. sumber (https://www2.facebook.com/notes/area-unik/10-letusan-gunung-paling-mengerikan-sedunia/226584307410362)

2.Kisah Gunung Tambora yang Membuat Napoleon Kalah Perang (sumber: http://travel.detik.com/read/2013/06/17/080905/2275055/1382/kisah-gunung-tambora-yang-membuat-napoleon-kalah-perang)


2 fakta itu aja udah buat gue tercengang, jujur baru tau. Gunung hebat itu ada di INDONESIA! Gue jadi tau pengetahuan baru.




gue nulis ini sepulang digerebek data sama RW, jadi agak ngaret. Gue ga peduli mau dinilai atau enggak usaha gue ini. Tapi THANK gue jadi bisa tau fakta menarik ini.




ini gue bikin tadi sesempetnya. Gegara satpam RT nih jadi ga maksimal.




KKN & Pasca KKN UNJ 2015


Salam AdhTors! Kali ini gue mau menceritakan suatu hal yang sangat "nano-nano", ya pengalaman gue saat KULIAH KERJA NYATA program dari Kampus gue (Univ. Negeri Jakarta). Mungkin buat kalian anak KULIAHAN pasti udah gak aneh sama program KKN, nah gue jelasin dulu ya buat lo AdhTors anak SMA atau siapapun yang gak tau apa itu KKN.

KKN adalah Kuliah Kerja Nyata, jadi kita para Mahasiswa UNJ diberikan waktu (kebetulan pas gue adalah 1 BULAN) untuk mengabdikan diri pada sebuah desa yang diterpilih oleh kampus untuk kita berikan pengabdiannya. Ya, kita mengabdi di daerah yang sama sekali sebelumnya kita tau dan BERSAMA orang-orang yang bahkan memang gak dikenal sebelumnya, walaupun 1 kampus, 1 jurusan, kita (kelompok gue ada 19 orang) gak kenal satu sama lain. Walaupun ada yang kenal tapi gak begitu kenal dan banyak hal lainnya. Bayangkan 1 bulan bersama dengan 19 otak yang cara berpikirnya beda-beda, disatukan untuk membuat bermacam program kerja selama 1 bulan. Itu sangat luar biasa menurut gue.

Dulu gue sering lihat acara TV seperti "Penghuni Terakhir" atau "Big Brothers Indonesia". Gue ngerasain sama banget kaya yang ada di reality show itu. Ketemu orang yang wataknya keras, lembut, manja dan banyak lagi keunikan di antara kita ber-19.



Eits! Hidup kita selama di Desa KKN itu gak cuma ber-19 kok. Namun kita ditemani warga Desa, Desa yang kita singgahi adalah Ds.Bulakan (daerah wisata pantai Anyer). Disana kita tinggal di 1 rumah warga, namanya Ibu Iyot namun gue dan anak-anak sering manggilnya "Emak", ibarat pengganti ibu buat kita selama 1 bulan di sana.

Oh ya, di sana juga warganya sumpah asik banget dan ditambah gue ketemu banyak "Bolang" alias Bocah Petualang di sana. Anak SD sampe MTs akrab banget sama kita, sampe anak-anak lakinya pada tidur bareng gue di Cluster aliat Majelis tempat gue tidur selama 1 bulan di desa sana. Hahaha...

Kemarin tanggal 28 maret kita sempat kembali ke desa KKN Bulakan, cuma ber-4 yang bisa ikut. Tapi gak kalah seru! Kemarin saik banget 3 hari juga. :D



Mungkin kalo gue ceritain bakalan panjang banget, lo bisa liat kisah dari 16 Januari - 14 februari 2015 gue di video youtube di bawah yang dikemas dalam 30menitan. Enjoy... bye :D




KISI-KISI UAS Kelas XII Semester 1


Salam,

Berikut saya berikan link untuk mengunduh/mendownload kisi-kisi UAS KKPI kelas XII SMK Musik Perguruan Cikini untuk Semester 1.

Pelajari semua yang ada di kisi-kisi, silakan tanyakan via LINE/Whatsapp/Twitter saya.


UNDUH KISI-KISI DI SINI!
Tugas KKPI Untuk Kelas XII

Tugas KKPI Untuk Kelas XII

Salam AdhTors! Kali ini saya akan memberikan tugas untuk kalian siswa-siswi SMK Musik Perguruan "Cikini", tugas kali ini sesuai dengan BAB II yang sedang kita bahas tentang WEB BROWSER. Nah, tugas kali ini kita akan bikin bagaimana seperti yang saya ajarkan pada pertemuan sebelumnya.

Kalian diminta untuk membuat sebuah postingan pada blog yang sudah kalian buat pada tugas KKPI pertemuan pertama dulu. Postingan bertema (tema ya, bukan JUDUL) "Aku, Musik dan Teknologi"

Nah, pertemuan kali ini kalian saya minta untuk membuat sebuah postingan dengan ketentuan seperti ini :

  1. Dalam postingan kalian harus mengunggah/upload foto kalian dengan musik menjadi tampilan di postingan.
  2. Dalam postingan kalian harus menyediakan tombol unduh/download berisikan foto kalian di file hosting bebas. contoh seperti 4shared, mediafire, dsb.
  3. Dalam postingan kalian harus menyediakan hyperlink menuju blog saya di adhe-tora.blogspot.com, dengan kata-kata "Tugas KKPI dari Pak Tora" pada akhir postingan di blog kalian.
  4. Dalam postingan kalian jika ada kata "Saya" harus kalian hyperlink ke twitter kalian. contoh : "Saya senang belajar musik di SMM" 
  5. Terakhir, setelah selesai melakukan postingan berisi portfolio kalian tentang "Aku, Musik dan Teknologi" kalian harus mengirimkan URL kalian ke email saya di adhetora@gmail.com dengan subjek "KKPI : Web Browser"

Sudah jelas? silakan kerjakan secara individual dengan baik dan benar. Goodluck!


Siapkan juga kelompok belajar KKPI! Karena ada tugas yang harus kalian buat bisa lihat DISINI!

Jika ada yang perlu ditanyakan, silakan ke sini
Nihil Apresiasi

Nihil Apresiasi


Salam AdhTors! So sorry for long time no post anything here, haha maklum lagi seneng-senengnya mencari hal baru dan terkadang melupakan sesuatu hal yang lama padahal udah setia dan selalu ada sama gue.

Btw, ini postingan pertama gue di usia 21 Tahun. Hahaha... *tiup lilin*

Kali ini gue cuma lagi pengen ngebahas suatu hal, ya gue lagi pengen bahas tentang hal yang gak pernah luput dari manusia.

Seperti gambar di atas, COMPLAINTS vs GRATITUDE! Ya, manusia memang lebih banyak komplain, ketimbang terimakasih atau apresiasi. Manusia terlalu banyak meminta, tapi jarang memberikan atau menggantikan komplain itu dengan apresiasi gratitude yang baik. Begitu sulit kah?
menjadi manusia yang terlalu banyak menuntut tapi terlalu sedikit apresiasi bahkan nihil, 1 :10, ya tentu saja complaints yang bernilai 10 dan 1 untuk gratitude, mengenaskan memang ya?

Kadang setiap orang akan masuk pada fase dimana merasakan tingkat kejenuhan dengan lingkungan sekitar yang memang hampir rata-rata memiliki sikap 1:10 ini, yaaa dongkol dalam hati aja sih pasti.

Gue selalu mengutip pada 1 kata yang gue pelajari :

"Manusia akan bertahan atau mencari tempat yang di mana dia mendapatkan apresiasi tinggi dan tentunya dihargai."

betul, gak cuma complaint, complaint dan complaint yang di dapat, juga harus seimbang dengan GRATITUDE yang didapat seseorang.

Hoam, lelah rasanya jika beraktifitas dengan hal yang memang penuh dengan complaint dan SEDIKIT GRATITUDE, semoga postingan gue kali ini bisa membuat kita semua sadar.

SETIDAKNYA lo bisa ucapkan terimakasih, memuji, atau hal penguatan apapun itu yang bisa dilakukan setelah lo terlalu banyak menuntut, iya harus seimbang.

GUE BERSYUKUR selalu diajarkan untuk melakukan hal KRITIK / KOMPLAIN sepaket dengan saran dan pujian, karena menjadi manusia jangan hanya bisa liat sisi negatif terus, angkatlah sisi positif setiap orang. Trims



Followers